6 Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android Kamu

6 Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android Kamu – Sebelum ini istilah virus hanya digunakan untuk menyebut organisme berukuran mikroskopis yang menyerang manusia, hewan, atau makhluk hidup lainnya. Namun di jaman modern seperti saat ini, istilah virus juga digunakan untuk menyebut suatu program atau aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk menggandakan diri dan juga bisa menyebar secara cepat dengan menyisip ke dalam suatu program atau aplikasi lainnya yang mana hal ini bertujuan agar tidak diketahui oleh para pengguna.

6 Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android Kamu

Sebagian orang mengira jika virus hanya bisa menyerang komputer saja, namun ternyata sekarang ini virus juga bisa menyerang perangkat bersistem operasi Android. Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya smartphone bersistem operasi Android adalah sebuah perangkat komputer yang berukuran mungil, terlebih lagi Android merupakan sebuah sistem operasi yang sifatnya open source sehingga akan membuat siapapun bisa mengembangkan virus untuk Android. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas 6 jenis virus yang biasa menyerang perangkat Android.

6 Jenis Virus Yang Dapat Merusak Android Kamu

  1. Droiddream

Droiddream merupakan salah satu virus yang paling sering menyerang perangkat bersistem operasi Android, jenis virus yang satu ini akan menyerang smartphone Android Anda melalui aplikasi game. Perlu Anda ketahui bahwa virus Droiddream ini akan mampu untuk mengendalikan sistem Android dan juga mencuri data – data penting sehingga tentu saja harus Anda waspadai.

  1. Stagefright

Jenis virus kedua yang juga biasanya menyerang Android adalah Stagefright yang mana merupakan virus Malware yang telah menyerang lebih dari satu milyar perangkat Android di seluruh dunia. Virus Stagefright ini juga memiliki kemampuan untuk mengakses dan juga mencuri berbagai data penting yang ada di smartphone Android sehingga sangat membahayakan para penggunanya.

  1. Cyber Police

Cyber Police menjadi virus ketiga yang juga sering menyerang sistem operasi Android, virus yang satu ini sering mengecoh para pengguna Android dengan namanya. Perlu Anda ketahui bahwa virus Cyber Police ini menyerang smartphone Android dengan melakukan penguncian berbagai data penting yang ada di smartphone melalui pop up yang akan terus muncul dan pastinya sangat mengganggu.

  1. Engriks

Virus selanjutnya yang juga sering menyerang Android adalah Engriks, jenis virus yang satu ini akan menyerang smartphone Anda melalui situs – situs ilegal. Salah satu tanda bahwa smartphone Android terserang virus Engriks adalah munculnya notifikasi atau pemberitahuan yang berbunyi unfortunately measure has stop secara terus menerus sehingga Anda tidak bisa lagi mengoperasikan smartphone.

  1. Shedun and Shiftbug

Shedun and Shiftbug merupakan jenis virus kelima yang juga sering menyerang smartphone Android, virus yang satu ini tergolong sebagai jenis virus yang sangat berbahaya karena belum ditemukan cara memulihkannya kecuali Anda membeli smartphone baru. Virus Shedun and Shiftbug ini akan menanamkan malware pada sistem Android sehingga akan melakukan rooting dengan sendirinya.

  1. Obad

Virus keenam yang juga perlu Anda waspadai adalah Obad, pasalnya jenis virus yang satu ini akan sangat merepotkan penggunanya. Jenis virus yang satu ini akan menyerang smartphone Android milik Anda melalui aplikasi yang Anda unduh dari sumber yang tidak terpercaya, jenis virus yang satu ini akan mampu mencuri pulsa Anda dan juga membuat smartphone menjadi hang.

Android merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat open source sehingga tentu saja akan membuatnya lebih beresiko untuk terserang virus.