Cara Merawat Lidah Mertua Outdoor

Cara Merawat Lidah Mertua Outdoor – Lidah mertua atau sansevieria merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mudah beradaptasi, sehingga dapat hidup dengan baik di segala kondisi lingkungan. Namun agar dapat tumbuh dengan baik dan mencegah layu, perlu dilakukan cara merawat tanaman induk yang benar.

Tanaman hias ini mempunyai tampilan yang menarik dan unik serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman mertua ini dipercaya mampu meningkatkan kualitas udara, memberikan perawatan kulit alami dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Cara Merawat Lidah Mertua Outdoor

Kepopuleran lidah mertua juga tidak pernah ketinggalan jaman dan masih populer di kalangan pecinta tanaman hias khususnya di Indonesia. Berbeda dengan tanaman hias pada umumnya, lidah mertua dikenal sebagai tanaman hias lentur dengan daun berwarna hijau dan corak kuning yang indah.

Ingin Meletakan Tanaman Di Dalam Rumah? Tanaman Hias Indoor Mudah Dirawat Ini Bisa Jadi Pilihan

Daun tanaman mertua juga bersifat lengket dan keras sehingga bentuknya seperti pedang. Untuk mengetahui cara merawat lidah mertua yang benar agar berbuah lebat dan tidak mudah pudar, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Meski tergolong tanaman hias tangguh, Anda tetap perlu mengetahui cara merawat tanaman mertua yang benar agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Berikut cara agar tanaman lidah mertua tetap sehat dan tidak layu.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk merawat tanaman mertua agar tidak layu dan tetap berbuah adalah dengan menyiram tanaman secara rutin. Salah satu rahasia tanaman sansevieria yang disebut lidah mertua yang mampu bertahan meski di iklim panas adalah adanya cadangan air di dalam tubuhnya.

Hampir mirip kaktus, tanaman mertua menyimpan air di batangnya. Karena kemampuannya menyimpan air, maka hanya perlu disiram dua kali seminggu.

Cara Merawat Tanaman Hias Yang Mudah Dan Ramah Pemula

Penyebab tanaman induk mertua membusuk biasanya karena terlalu sering disiram. Usahakan media tanam tidak tergenang air agar akar tanaman mertua tidak membusuk.

Cara merawat tanaman lidah mertua yang benar di dalam ruangan agar tidak layu atau mati bisa dilakukan dengan menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari. Meski bisa tinggal di dalam rumah, ibu mertua ini tetap membutuhkan sinar matahari.

Seperti tumbuhan lainnya, lidah mertua membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup dan membantu proses fotosintesis. Tanaman induk mertua tidak perlu dijemur langsung di bawah sinar matahari agar daunnya tidak kering atau gosong.

Idealnya tanaman lidah mertua ini bisa diletakkan di dekat jendela atau bahkan di area terbuka yang memiliki payung. Sementara jika ingin dijadikan sebagai tanaman hias, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan pencahayaannya setiap 2 hari sekali.

Tanaman Hias Pembersih Udara Yang Bisa Menyerap Racun Dan Debu, Bikin Sejuk!

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar tanaman mertua bisa tumbuh dengan baik adalah dengan memberikan tanaman tersebut pupuk organik. Pupuk organik jenis ini lebih direkomendasikan dibandingkan pupuk cair, karena lebih aman dan ramah lingkungan.

Pupuk organik ini juga tidak mudah terurai sehingga media tanam tidak basah yang dapat mengakibatkan tanaman membusuk.

Namun, Anda tetap bisa memupuk tanaman lidah mertua dengan menggunakan pupuk cair setengah dosis sebulan sekali.

Permasalahan utama yang sering dihadapi oleh tanaman mertua yang menghambat pertumbuhannya adalah media tanam yang digunakan tidak sesuai. Pengaplikasian media yang terlalu lembab atau basah akan menyebabkan busuk akar lidah mertua.

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Daun: Indoor + Outdoor [populer] ยป Ahlitaman.com

Media yang dianjurkan untuk menanam tanaman mertua adalah sekam bakar, pakis dan pasir malang. Media ini mempunyai daya serap yang baik sehingga cocok untuk tanaman mertua yang tidak membutuhkan banyak air.

Selain itu, perhatikan juga pot tempat ditanamnya lidah mertua. Gunakan pot yang bagian bawahnya berlubang agar air dapat mengalir keluar dan kelembapan tetap terjaga baik di akar tanaman.

Jika batang lidah mertua sudah membusuk, segera potong bagian tersebut agar tidak menyebar atau menjalar ke bagian lain. Pemangkasan diperlukan tidak hanya pada bagian tanaman yang busuk, tetapi juga pada batang tanaman yang terlalu panjang.

Batang lidah mertua yang masih cantik dan sehat dapat dikembalikan ke media tanam sebagai cara memperbanyak tanaman lidah mertua. Nantinya akan tumbuh akar pada potongan batang tanaman induk mertua tersebut.

Desain Taman Kering Minimalis Yang Mudah Dirawat

Agar tidak menghambat pertumbuhan lidah mertua, sebaiknya rutin memusnahkan hama dan gulma yaitu gulma. Bila perlu semprotkan insektisida dan pembasmi gulma agar tanaman induk dapat berkembang dengan baik.

Cara merawat tanaman lidah mertua sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus yang ribet. Selain bentuk daunnya yang unik dan indah, lidah mertua mampu menyerap polusi dan menyaring udara kotor sehingga cocok ditanam di dalam dan luar ruangan. Paparan sinar matahari seringkali dianggap sebagai makanan yang baik bagi tanaman hias. Apalagi jika selain pemberian pupuk dan air, suhu dan kelembapan juga turut diperhatikan. Namun, meski banyak tanaman yang bisa dirawat di luar ruangan, perawatannya tetap perlu Anda perhatikan. Jangan hanya membiarkannya di bawah sinar matahari. Pasalnya, banyak jenis tanaman yang cepat terbakar dan layu jika terkena sinar matahari langsung.

Begitu pula dengan bahasa ibu mertua. Tanaman hias ini sering dijadikan penghias teras atau taman. Warna hijaunya yang segar akan langsung memanjakan mata. Selain itu, ada banyak jenis berbeda untuk dipilih. Namun agar bisa terus tumbuh dengan baik, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan saat merawatnya di luar ruangan.

Jadi apa yang salah? Yuk simak selengkapnya pada ulasan berbagai sumber pada Rabu (3/3) berikut ini.

Tanaman Hias Penyejuk Ruangan, Tetap Adem Meski Tak Pakai Ac

Lidah mertua merupakan tumbuhan yang mudah beradaptasi. Oleh karena itu, Anda bisa merawat tanaman ini di luar ruangan, yakni di luar ruangan. Namun, pertumbuhannya akan terkait dengan pengelolaan air. Hindari menyiram tanaman induk secara berlebihan. Jika berada di tempat yang terlalu basah, tanaman hias ini akan cepat busuk dan mati. Namun sisi positifnya, kutikula daun yang tebal akan mencegah layu dalam kondisi kering.

Lidah mertua yang bernama latin Sansevieria ini menyukai sinar matahari sehingga bisa dipelihara di luar ruangan. Namun pertumbuhannya akan lebih baik jika mendapat sinar matahari sedang dan naungan. Tanaman hias ini membutuhkan sinar matahari untuk menjaga kualitas warnanya. Namun hati-hati juga, cahaya yang terlalu sedikit justru akan melemahkan tanaman dan membuatnya mudah layu. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan lidah mertua di area terluar.

Anda bisa menanamnya di wadah yang bisa ditekan ke dalam tanah hingga bagian atasnya. Dengan cara ini, wadah tetap tidak terlihat sekaligus melindungi tanaman.

Anda dapat melindungi tanaman dengan penghalang yang memanjang setidaknya 12 inci ke dalam tanah untuk mencegah akar menyebar di dekatnya.

Macam Macam Tanaman Hias Daun Yang Populer, Cantik Dan Segar

Tidak ada benih terisolasi yang terpisah untuk lidah mertua terbuka dan tertutup. Anda juga bisa mengubah letak lidah mertua dari dalam ruangan menjadi luar ruangan. Namun, Anda harus melakukannya secara perlahan. Cara ini dilakukan untuk menjaga kualitas cat agar tetap indah. Pertama, simpan tanaman lidah mertua di tempat yang aman dan agak teduh selama satu atau dua jam, lalu bawa kembali ke dalam rumah.

Keesokan harinya, simpan tanaman di tempat yang sama dalam waktu singkat. Kemudian pada hari ketiga simpan di tempat yang lebih banyak terkena sinar matahari. Oleh karena itu, setiap hari tambah durasi tanaman bila disimpan di luar ruangan. Diperlukan waktu hingga dua minggu agar tanaman berhasil dipindahkan dari dalam ruangan ke luar ruangan.

Perlu diketahui, tanaman lidah mertua merupakan tanaman tropis. Itu sebabnya Anda harus memperhatikan suhu dan kelembapan. Tanaman ini tidak menyukai suhu yang terlalu rendah. Sebagai tanaman tropis, lidah mertua disarankan untuk disimpan di tempat yang bersuhu hangat. Mereka lebih menyukai suhu dalam kisaran 70F hingga 90F. Jauhi jendela dan pintu selama musim dingin. Perhatikan juga bahwa suhu di bawah 50F akan berdampak buruk pada pertumbuhan tanaman ular.

Tanaman induk mertua tumbuh dengan cepat, jadi Anda perlu memindahkannya. Ya, transplantasi adalah tindakan memindahkan tanaman ke dalam pot baru. Pilih pot yang dangkal dan lebar. Setahun sekali Anda bisa mentransplantasikan tanaman lidah mertua Anda. Transplantasi di musim semi dianjurkan.

Jenis Tanaman Dalam Ruangan Keluarga Tanpa Sinar Matahari Langsung

Apakah Anda merasa terganggu dengan bau tidak sedap di sekitar Anda? Jangan khawatir, karena lidah mertua bisa berfungsi sebagai pengharum alami yang mampu menghilangkan bau tak sedap. Caranya gampang banget, coba potong sehelai daun lidah mertua dan letakkan di dekat sumber baunya.

Masih berkaitan dengan aroma, lidah mertua juga bisa kamu manfaatkan sebagai aromaterapi lho. Bunga yang mekar setiap sore dalam bahasa ibu mertua itulah kunci rahasianya. Bunga ini akan mengeluarkan aroma khas yang menenangkan dan menghilangkan stres.

Tak hanya sebagai tanaman hias, lidah mertua juga bisa melindungi dari alergi. Jika Anda sudah menggunakan alat pembersih, coba gunakan ramuan ini di kamar Anda agar lebih baik lagi dalam menghindari alergi.

Inilah salah satu khasiat ajaib dari tanaman mertua. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menemukan bahwa CO2 memiliki dampak nyata pada manusia. Hal ini dapat mempengaruhi produktivitas manusia bahkan menyebabkan pusing dan mual. Jadi, empat hingga lima tanaman induk yang tingginya mencapai 60-80 sentimeter (cm) dapat menurunkan kadar CO2 secara signifikan. Selain itu, lidah mertua juga menyerap polutan udara beracun dan zat penyebab kanker seperti benzena, formaldehida, xilena, dan toluena.

Jenis Tanaman Hias Daun Populer & Tips Perawatan

Sick Building Syndrome (SBS) disebabkan oleh sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara yang buruk. Gejala umumnya adalah sakit kepala, iritasi pada mata, hidung, tenggorokan, kelelahan dan mual. Untuk mengatasinya, kamu bisa meletakkan lidah mertua di sudut kamar atau rumah. Lidah mertua mempunyai peran dalam menyerap polutan, sehingga dapat membantu meringankan gejala sakit bangunan syndrome.

Radiasi banyak ditemukan pada produk elektronik seperti komputer, televisi, dan lain-lain. jadi hentikan

Cara merawat lidah mertua agar cepat bertunas, cara merawat bunga lidah mertua, merawat tanaman lidah mertua, cara merawat tanaman lidah mertua mini, cara merawat lidah mertua di dalam rumah, lidah mertua outdoor, cara merawat tanaman lidah mertua, cara merawat pohon lidah mertua, merawat lidah mertua, cara merawat lidah mertua, merawat lidah mertua indoor, cara merawat lidah mertua indoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *